Gotech.ID - Hal yang cukup sulit jika kita dihadapkan pada pilihan usaha yang diraml akan menjadi tren. Seperti saat ini yang menjadi topik pembicaraan oleh para pelaku usaha online di Indonesia saat ini.

Ternyata saat ini para pelaku usaha online lebih banyak memilih market lokal, baik itu di bidang content publishing, bisnis affiliate, berjualan dropship, reseller, ataupun menjual produk sendiri.

Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang diprediksi akan menjadi tren :


1. Bisnis Kursus Secara Online

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa skill setiap orang sangat begitu menunjang karirnya dimasa depan. Tidak lagi hanya pendidikan formal, kursus non formal pun menjadi hal yang sangat penting.

Kesempatan tersebut bisa menjadi ladang usaha bagi yang memiliki skill, keadaan ini pun ditunjang dengan banyaknya orang yang lebih memilih untuk kursus secara online. Bidang ilmu yang dipelajari di kursus online pun sangat beragam, salah satunya kursus secara online.

Ingin menghasilkan uang dari keahlian Anda, ayo jual skill Anda sekarang.

2. Bisnis Jasa Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu peluang usaha online yang cukup menggiurkan. Salah satu penyebab peluang ini muncul dikarenakan tingginya pengguna media sosial seperti Instagram dan Facebook memposting konten-konten visual untuk keperluan pemasaran online.

Hal inilah yang menyebabkan banyak permintaan untuk membuat konten visual yang menarik, baik itu gambar atau video. Permintaan ini biasanya datang dari para pebisnis online dan juga perusahaan-perusahaan yang membutuhkan desain grafis dengan biaya terjangkau.

3. Bisnis Jasa Penulisan Artikel

Peluang yang satu ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, pertumbuhan website portal dan juga berbagai blog profesional membuat potensi bisnis jasa penulisan artikel semakin menarik dan menjanjikan.

Memang terkesan mudah, bahkan peluang bisnis ini sering disepelekan beberapa orang. Faktanya, banyak website dan blog yang membutuhkan jasa penulis artikel berkualitas untuk menunjang keberadaan website mereka.

Akan menjadi nilai tambah jika anda memiliki basic pengetahuan tentang SEO. Hal ini pun cukup beralasan, beberapa pemilik website dan blog saat ini akan lebih mengutamakan penulis yang memahami basic SEO dan bisa mempengaruhi pembaca agar konten yang dipublish akan lebih optimal di mesin pencari dan media sosial.

4. Menjadi Buzzer di Media Sosial

Profesi ini bukanlah hal yang baru lagi. Kita bisa dengan mudah menemukan para buzzer di media sosial, misalnya para artis yang mempromosikan sebuah produk di Instagram mereka.

Nah, bisnis ini diprediksi akan semakin berkembang dan semakin banyak buzzer di berbagai media social. Salah satu media sosial yang paling sering digunakan para buzzer adalah Instagram.

Sebenarnya di media sosial seperti Twitter dan Facebook pun masih cukup banyak kita temukan para buzzer. Tapi biasanya para pebisnis online yang jualan di internet menganggap Instagram lebih efektif untuk pemasaran dengan bantuan para buzzer.

5. Bisnis Online Shop

Penginkatan pengguna internet setiap tahunnya terus meningkat, dan kondisi ini menjadi ladang penghasilan bagi pebisnis online, khususnya mereka yang punya bisnis online shop. Hal tersebut juga didukung meningkatnya rasa percaya konsumen kepada para penjual online.

Bukan hanya para pemain besar saja yang menikmati pasar online ini, para pemain kecil juga mendapatkan porsi yang menjanjikan dari market online.

Hanya saja, para pemain online shop harus lebih kreatif dalam berkomunikasi dengan calon pembeli agar terjadi transaksi.

6. Bisnis Jasa Pembuatan Website/ Blog

Bagi sebagian orang, membuat website/ blog bukanlah sesuatu yang rumit. Namun, lebih banyak orang yang tidak mengerti cara membuat website, atau mereka tidak mau repot dan pusing membuat website/ blog untuk bisnis mereka.

Walaupun pelaku bisnis ini sudah cukup jamak, ternyata potensi bisnis jasa pembuatan website/ blog masih cukup menjanjikan. Bahkan beberapa penyedia jasa pembuatan website juga menawarkan jasa internet marketing kepada klien mereka.

Biasanya orang yang membutuhkan jasa pembuatan website/ blog ini adalah para pengusaha kecil yang kurang paham tentang pembuatan website. Atau bisa juga perusahaan, instansi pemerintah, dan mereka yang butuh orang yang kompeten dalam membuat dan mengelola sebuah website. (Far)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here